Ketahui Gejala Kista Ovarium Yang Dianggap Berbahaya

Gejala Kista Ovarium – Kebanyakan kista ovarium tidak menimbulkan gejala, maka tidak heran jika banyak wanita yang tidak menyadari keberadaan kista di dalam indung telurnya.

Ketika kista sudah begitu besar hingga menimbulkan resiko berbahaya, maka Anda harus segera mengenali gejala kista ovarium pada kondisi tersebut. Karena jika terlembat diobati dapat membahayakan nyawa.

Gejala Kista Ovarium Yang Dianggap Berbahaya

Gejala Kista Ovarium Yang Dianggap BerbahayaKista ovarium adalah kondisi dimana terbentuk kantung berisi cairan yang tumbuh di indung telur (ovarium). umumnya kondisi ini tidak berbahaya dan dapat hilang dengan sendirinya tanpa pengobatan khusus.

Namun ketika kista terus membesar dan pecah hingga menutupi suplai darah ke ovarium, kondisi inilah yang harus Anda waspadai. Karena pada kondisi tersebut, ini menandakan jika kista telah memasuki tahap serius yang memerlukan pengobatan dengan segera.

Berikut beberapa gejala kista ovarium yang dianggap berbahaya :

Nyeri Panggul

Merasa nyeri di daerah panggul atau punggung bawah merupakan gejala umum kista ovarium. dimana kondisi ini menandakan bahwa kista telah menekan area sekitarnya sehingga mengakibatkan rasa nyeri yang sifatnya cukup intens.

Mual atau Muntah

Gejala ini terjadi jika cairan dari kista masuk ke dalam perut dan mengiritasi lapisan dinding peritoneum hingga mengakibatkan radang. Peradangan inilah yang kemudian menimbulkan sensasi mual, yang terkadang sering disertai juga dengan muntah.

Payudara Sensitif

Selain mual dan muntah, penderita kista ovarium juga dapat mengalami gejala payudara sensitif seperti ketika sedang hamil. Dimana gejala ini dapat disertai dengan siklus haid yang tidak teratur.

Menstruasi Abnormal

Menstruasi yang abnormal atau menyakitkan, yang membuat tubuh mengeluarkan banyak darah juga dapat menjadi tanda adanya kista di indung telur.

Selain itu, muncul rasa nyeri di area panggul sebelum atau sesudah menstruasi. Karena pendarahan hebat dapat memicu anemia, maka Anda dianjurkan untuk segera periksa ke dokter.

Perut Membesar

Perut yang membesar dapat terjadi karena adanya kista yang sedang tubuh menyita ruang di perut, yang mana kondisi ini mengakibatkan perut terasa ditekan dan penuh sehingga terlihat bengkak dan menggembung.

Apabila kista ovarium sampai pecah, maka tekanan pada perut akah hilang dan perut dapat menjadi kempis yang disertai dengan gejala nyeri yang luar biasa.

Nyeri Ketika Berhubungan Seksual

Tumbuhnya kista ovarium terjadi di bagian tubuh yang ‘padat’, sehingga tekanan yang dihasilkan dapat mengakibatkan rasa nyeri yang teramat diarea perut atau panggul. Ukuran kista yang semakin besar juga akan membuat penetrasi yang paling minim sekalipun, terasa menyakitkan.

Hal yang hars lebih diwaspadai lagi yaitu pada perempuan yang sudah menopause, karena gejala ini juga dapat menjadi tanda adanya kanker ovarium dalam tubuh.

Pendarahan

Ketika darah atau sisa cairan dari kista pecah dan masuk ke dalam perut, maka darah atau sisa cairan tersebut akan keluar dari tubuh melalui vagina.

Namun karena kista lebih rawan pecah ketika haid, maka kebanyakan perempuan menganggapnya sebagai darah menstruasi biasa. Jika pendarahan disertai dengan nyeri panggul yang ekstrim, maka segera periksa ke dokter.

Jika Anda mengalami gejala kista ovarium yang disebutkan di artikel ini, jangan cepat-cepat mengambil kesimpulan bahwa Anda menderita penyakit tersebut karena bisa jadi itu gejala penyakit lain.

Untuk memastikannya, datanglah ke dokter atau pusat layanan kesehatan yang Anda percayai, sehingga hasil yang didapat lebih akurat dan pengobatan pun dapat segera dilakukan.

Dan agar terhindar dari berbagai gejala kista ini, ada baiknya Anda melakukan pemeriksaan ginekologik secara berkala. Hal ini agar ketika ada kista, maka hal tersebut dapat dideteksi dan ditangani sejak dini.

Untuk Anda yang sudah benar-benar khawatir akan kehadiran kista di ovarium, maka disarankn untuk segera melakukan tindakan pengobatan.

Beberapa orang memilih menumpuh jalan pengobatan alternatif sebagai langkah cepat untuk mencegah agar gejala-gejala kista ovarium yang terjadi tidak semakin parah.

Sumber :
https://www.alodokter.com/jangan-takut-dengan-kista-ovarium
https://mediskus.com/penyakit/gejala-dan-ciri-ciri-penyakit-kista-ovarium

Pengobatan Alternatif Kista Ovarium

Bagi Anda yang menderita kista ovarium, Anda dapat menggunakan QnC Jelly Gamat sebagai solusinya. Telah terbukti ampuh mengobati kista ovarium hingga tuntas tanpa efek samping apapun.

BACA ULASANNYA

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *