Daftar Makanan Yang Harus Dihindari Penderita Epilepsi – TERLENGKAP

Makanan Yang Harus Dihindari Penderita Epilepsi – Bagi Anda penderita epilepsi, sangat penting untuk memperhatikan asupan makanan yang di konsumsi. Hal ini karena terdapat beberapa makanan yang dapat memicu terjadinya epilepsi.

Untuk itu, menghindari berbagai jenis makanan ini dan makan secara teratur akan membantu Anda menurunkan resiko epilepsi dan memperbaiki kesehatan Anda secara keseluruhan.

Nah, apa saja sih makanan yang harus dihindari penderita epilepsi tersebut ? Mari kita simak penjelasan lengkapnya dibawah ini.

Makanan Yang Harus Dihindari Penderita Epilepsi

Makanan Yang Harus Dihindari Penderita Epilepsi

Seperti yang kita ketahui, jika epilepsi merupakan penyakit jangka panjang yang mempengaruhi kesehatan sistem saraf otak. Dimana penyakit ini memerlukan perawatan melalui terapi dan pengobatan epilepsi untuk mengurangi serangan kejang.

Tetapi perlu Anda ingat bahwa serangan kejang ini dapat terjadi sewaktu-waktu tanpa diketahui. Karena itu perawatan epilepsi pun dapat dilakukan seumur hidup hingga kondisi penderita mulai membaik.

Terdapat banyak hal yang menyebabkan serangan kejang atau epilepsi terjadi. Salah satunya adalah asupan makanan yang dikonsumsi oleh penderita epilepsi setiap hari.

Dan berikut daftar makanan yang sebaiknya dihindari oleh penderita epilepsi, yakni :

  1. Makanan Dengan Karbohidrat Olahan

Penderita epilepsi sebaiknya tidak mengkonsumsi makanan yang mengandung karbohidrat olahan, seperti roti putih, kue kering, pizza, dan kue basah.

Pasalnya sebuah penelitian membuktikan jika penderita epilepsi yang sering mengkonsumsi makanan dengan karbohidrat olahan akan membuat serangan kejang lebih sering terjadi.

Hal ini berhubungan dengan tingkat kadar gula dalam tubuh penderita epilepsi. Semakin tinggi kadar gula dalam tubuh, maka resiko mengalami epilepsi pun semakin tinggi.

  1. Makanan Yang Mengandung MSG

Menurut penelitian, makanan dengan kandungan MSG (Monosodium Glutamat) akan mengakibatkan gejala epilepsi terjadi. Karena kelebihan MSG dapat menyebabkan syaraf menjadi lebih aktif sehingga kondisi penderita epilepsi menjadi tidak stabil.

Nah, untuk itu sebaiknya Anda batasi konsumsi makanan yang mengandung MSG ini. Beberapa contoh makanan yang mengandung MSG yaitu mie instant, frozen food, gorengan, dan junk food.

  1. Buah dan Sayuran Tertentu

Sebagian besar buah dan sayuran mengandung indeks glikemik rendah, yang bisa mengakibatkan kadar gula darah naik dan turun dalam waktu singkat. Beberapa jenis buah dan sayuran tersebut yakni kismis, buah kering, pisang, kentang, dan kurma.

Dan bagi penderita epilepsi sebaiknya hindari buah dan sayuran yang mengandung indeks glikemik rendah tersebut. Karena jika tetap dikonsumsi, hal ini hanya akan memicu serangan epilepsi terjadi dengan cepat.

  1. Makanan Yang Mengandung Kafein

Semua makanan dengan kandungan kafein sebaiknya dihindari penderita epilepsi. Karena kafein dapat menyebabkan sistem syaraf mengalami gangguan parah, dan meningkatkan fungsi syaraf menjadi lebih cepat namun tidak bisa direspon dengan baik oleh tubuh.

Kafein mempunyai sifat sebagai stimulan untuk sistem syaraf sehingga penderita dapat lebih sering kejang. Beberapa bahan yang mengandung kafein yaitu coklat, kopi dan teh.

  1. Seafood

Makanan selanjutnya yang harus dihindari penderita epilepsi yaitu seafood (makanan laut), seperti kerang, ikan tuna, ikan todak, ikan hiu, ikan kakap, sotong, cumi-cumi, dan udang.

Jenis makanan laut ini dapat menimbulkan reaksi alergi berupa gatal-gatal dan sakit kepala. Bagi penderita epilepsi akan mengakibatkan gangguan kinerja saraf dan menimbulkan kejang-kejang.

  1. Kacang Ginkgo

Menurut penelitian yang dilakukan pada tahun 2001 menemukan bahwa penderita epilepsi yang mengkonsumsi kacang ginkgo dalam jumlah banyak akan mengalami muntah dan kejang sekitar 4 jam setelah mengkonsumsi makanan ini.

Selain itu, penelitian terbaru juga menemukan jika kacang ginkgo dapat menyebabkan terjadinya epilepsi pada seseorang yang tidak mempunyai riwayat epilepsi. Untuk itu, tidak dianjurkan mengkonsumsi kacang ginkgo secara berlebihan karena mereka bersifat racun bagi sel saraf.

Memilih makanan untuk diet harian penderita epiepsi memang harus dilakukan dengan tepat. Semua makanan yang dilarang sebaiknya dipatuhi sehingga resiko terkena epilepsi pun dapat diminimalisir.

Demikianlah informasi kami seputar makanan yang harus dihindari penderita epilepsi. Semoga informasi ini bermanfaat dan membantu Anda dalam menjaga kesehatan tubuh.

Terimakasih telah berkunjung, dan jangan lupa share ke yang lainnya jika menurut Anda informasi ini bermanfaat.

“Kesehatan yang baik bukanlah sesuatu yang dapat kita beli. Namun, sesuatu yang dapat menjadi tabungan yang sangat berharga.” – Anne Wilson Schaef

Posted by.
www.epilepsi.azkacollection.net

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *