5 Obat Tradisional Epilepsi Yang Mudah Dibuat Sendiri Di Rumah

Obat Tradisional Epilepsi Yang Mudah Dibuat ,- Penyakit epilepsi seringkali dinggap sebagai kutukan oleh sebagian orang. Padahal bukan itu penyebabnya, melainkan adanya kerusakan atau perubahan di dalam otak.

Didalam otak manusia terdapat sel-sel saraf yang saling berkomunikasi dengan menggunakan impuls listrik. Pada kasus epilepsi, impuls listrik tersebut akan dihasilkan secara berlebihan. Akibatnya penderita pun akan memiliki perilaku atau gerakan tubuh yang tidak terkendali.

Obat Tradisional Epilepsi Yang Mudah Dibuat

Jangan Panik, Ketika Mengalami Epilepsi

Epilepsi merupakan kondisi yang menjadikan seseorang mengalami kejang secara berulang. Kondisi ini akan menyebabkan otot-otot tubuh penderita berkontraksi secara tidak terkendali.

Ketika epilepsi ini terjadi pada teman, saudara atau orang lain, sebagian dari kita kerap panik. Padahal tidak perlu panik, karena pertolongan pertama dari kita dapat menyelamatkannya.

Berikut pertolongan pertama yang dapat Anda berikan pada orang yang mengalami epilepsi, antara lain :

  • Pindahkan posisi penderita ke arah yang lebih aman.
  • Berikan bantal untuk melindungi kepalanya.
  • Longgakan pakaian penderita, utamanya di sekitar leher.
  • Miringkan penderita agar liur atau muntah tidak masuk ke saluran napas.
  • Jangan masukkan benda apapun ke dalam mulut, walaupun untuk mencegah lidah tergigit.
  • Jangan menahannya dan jauhkan ia dari benda-benda tajam.

Umumnya kejang ini akan berlangsung satu sampai tiga menit. Ada yang mengalami kejang di sebagian tubuhnya dan ada juga yang mengalami kejang total hingga mengakibatkan kehilangan kesadaran.

Anda disarankan untuk membawa penderita epilepsi ke dokter, jika ia mengalami kejang lebih dari 10 menit atau disertai dengan muntah, sesak napas, leher kaku, dan terlihat sangat mengantuk setelah mengalaminya.

Jika tidak segera ditangani, epilepsi dapat membahayakan nyawa penderitanya, contohnya adalah terjatuh, tenggelam atau mengalami kecelakaan ketika berkendara akibat epilepsi.

Obat Tradisional Epilepsi Yang Mudah Dibuat

Obat Tradisional Epilepsi Yang Mudah Dibuat

Selain rutin berkonsultasi ke dokter, untuk mencegah epilepsi terjadi kembali sekaligus mencegah bahaya yang ditimbulkan epilepsi, Anda dapat melakukan pengobatan tradisional pada penderita.

Dimana pengobatan epilepsi tradisional ini dapat Anda buat dan lakukan sendiri di rumah dengan mudah. Berikut jenis tanaman yang dapat dijadikan sebagai obat tradisional epilepsi, antara lain :

  1. Pegagan

Pegagan atau dikenal juga dengan nama antanan dipercaya dapat mengurangi gejala serangan epilepsi. Tanaman ini mengandung senyawa aktif seperti triterpenoid, brahmoside, dan brahminoside yang memiliki sifat menenangkan dan mampu merileksasi pembuluh darah yang tegang.

Selain itu, pegagan juga dapat memberikan efek positif pada sistem saraf pusat dengan meningkatkan gamma aminobutiyric acid (GABA), neurotransmitter yang bertugas dalam mengatur sel saraf serta mencegah terjadinya kejang, gejala khas penyakit epilepsi.

Untuk membuat ramuan  obat tradisional epilepsi dari tanaman pegagan ini pun sangat mudah, yakni :

  • Siapkan segenggam daun pegagan, gula aren atau gula jawa secukupnya.
  • Cuci bersih daun pegagan tersebut dengan air mengalir.
  • Campurkan daun pegagan dan gula.
  • Lalu blender atau tumbuk hingga halus dan tercampur rata.
  • Ambil satu sendok ramuan tersebut dan seduh dengan satu gelas air mendidih.
  • Saring air tersebut dan minum secara rutin satu gelas sehari.

Penting untuk diingat, ramuan ini sebaiknya tidak digunakan oleh wanita hamil dan menyusui. Penderita diabetes dan hyperlipidemia juga sebaiknya tidak menggunakan ramuan ini, karena dapat meningkatkan gula dan lemak darah.

  1. Bawang Putih

Salah satu rempah-rempah yang biasa digunakan sebagai bumbu berbagai macam masakan ini juga dapat dibuat menjadi obat tradisional epilepsi. Senyawa allicin yang terdapat pada bawang putih diketahui dapat mengurangi gejala-gejala dari penyakit tersebut.

Tidak hanya mengatasi gejalanya saja, namun bawang putih juga mampu dalam mengobati penyakit epilepsi yang diderita. Dengan mengkonsumsi bawang putih secara rutin sesuai anjuran, penyakit epilepsi dapat cepat sembuh dalam waktu yang singkat.

Untuk memanfaatkan bumbu dapur ini pun sangatlah mudah, ambil bawang putih secukupnya. Lalu haluskan dan rebus dengan ditambahkan susu dan air. Tunggu hingga beberapa menit sampai airnya mendidih. Saring dan minum ramua tersebut agar epilepsi segera sembuh.

  1. Daun Kelor

Daun kelor mengandung polyphenol tinggi yang berfungsi sebagai antioksidan untuk mendetoksifikasi tubuh dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh agar tidak mudah terserang penyakit. Tanaman ini juga mampu melindungi tubuh dari efek toksik yang dipicu oleh stres.

Untuk mendapatkan manfaat daun kelor ini dapat dilakukan dengan cara mengkonsumsinya secara langsung atau mentah, baik seebagai lalapan atau pelengkap menu makanan yang disajikan. Namun, jika ingin merasakan sensasi berbeda, Anda dapat mengolah daun kelor menjadi teh.

Membuat teh daun kelor sangatlah mudah, yakni Anda hanya perlu menyediakan daun kelor berwarna hijau tua sebanyak-banyaknya lalu keringkan. Setelah kering, tumbuk sampai halus dan seduh satu sendok teh daun kelor dengan 1 gelas air. Minum ramuan ini untuk mengatasi epilepsi.

  1. Daun Jinten

Tanaman selanjutnya yang dapat Anda pilih sebagai obat tradisional epilepsi adalah daun jinten, dimana daun ini sangat mudah ditemukan di pasaran tanaman herbal dan mempunyai harga yang cukup terjangkau.

Daun jinten telah dipercaya dapat mengobati berbagai macam penyakit, baik penyakit luar maupun penyakit dalam. Untuk mengatasi epilepsi, Anda cukup merebus daun jinten dan minum air rebusan daun jinten tersebut secara rutin.

Kandungan kalium, fenol dan minyak atsiri pada daun jinten sangat efektif untuk mengatasi gejala sekaligus penyakit epilepsi. Selain itu, daun jinten juga efektif untuk mengobati batuk, asma, demam, sakit kepala dan melancarkan ASI pada ibu menyusui.

  1. Jahe

Jahe telah lama dikenal memiliki manfaat yang lebih bagi kesehatan, salah satunya dalam mengobati penyakit epilepsi. Kandungan anti-inflamasi yang terdapat di dalamnya dapat membunuh kuman atau bakteri yang masuk ke dalam tubuh.

Kandungan nurisi yang terdapat pada jahe juga bermanfaat untuk mengatur impuls listrik di dalam sel-sel saraf otak. Jahe juga dipercaya mampu mengurangi gejala penyakit asma, mengatasi rasa mual dan mengobati demam.

Untuk mengatasi epilepsi, Anda dapat mengkonsumsi ramuan jahe dengan cara merebus jahe yang telah dicuci bersih secukupnya. Lalu tambahkan gula aren sebagai penambah rasa. Konsumsi secara rutin ramuan ini untuk membantu mempercepat penyembuhan penyakit.

Itulah 5 Obat Tradisional Epilepsi Yang Mudah Dibuat sendiri dirumah.Sebagian besar obat tradisional tersebut tidak menimbulkan efek samping bagi tubuh. Berbeda dengan teknik pengobatan yang menggunakan bahan kimia didalamnya, bahan herbal cenderung memberikan efek yang lebih lama dan bebas efek samping.

Demikian artikel kami seputar Obat Tradisional Epilepsi yang dapat disampaikan, semoga artikel ini dapat memberikan manfaat bagi Anda dan menambah wawasan pengetahuan Anda.

**Terimakasih Telah Berkunjung dan Selamat Mencoba**

By Post. www.epilepsi.azkacollection.net

Comment (1)

  1. Pingback: 8 Gejala Awal Epilepsi Yang Tidak Boleh Diabaikan | Obat Epilepsi Herbal Terbaik 100% Alami

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *