Pertolongan Pertama Untuk Orang Yang Terserang Epilepsi

Pertolongan Pertama Untuk Orang Yang Terserang Epilepsi ,- Epilepsi adalah gangguan pada sistem saraf pusta yang menyebabkan terbentuknya sinyal listrik di dalam otak, sehingga menimbulkan keluhan kejang dan perilaku yang tidak biasa.

Kejang merupakan gejala utama dari epilepsi yang terjadi ketika timbul impuls listrik pada otak yang melebihi batas normal. Kondisi ini akan menyebar ke area sekelilingnya dan menyebabkan sinyal listrik yang tidak terkendali.

Ketika Anda berada di sekitar penderita epilepsi yang sedang kambuh ini, sebaiknya jangan panik dan lakukan pertolongan pertama untuk orang yang terserang epilepsi tersebut.

Pertolongan Pertama Untuk Orang Yang Terserang Epilepsi

Pertolongan Pertama Untuk Orang Yang Terserang Epilepsi

Epilepsi.azkacollection.net ,-  Kebayakan mayoritas penderita epilepsi dapat mengendalikan kejadian mereka dengan obat-obatan dan pembedahan. Namun sekitar 30-40% penderita epilepsi diharuskan untuk terus hidup dengan risiko kejang karena perawatan yang tersedia tidak sepenuhnya dapat mengontrok kejang.

Bila Anda bersama dengan seseorang yang terserang epilepsi, Anda harus mencoba melakukan pertolongan pertama pada orang tersebut. Berikut beberapa pertolongan pertama yang bisa Anda lakukan :

  • Tetap tenang dan tetap bersama penderita epilepsi tersebut.
  • Hitunglah waktu kejang dari awal sampai akhir.
  • Longgarkan pakaian di sekitar leher penderita.
  • Singkirkan benda-benda tajam dan berbahaya dari orang yang terserang epilepsi.
  • Bila penderita muntah atau mengeluarkan banyak liur, miringkan kepala penderita ke salah satu sisi.
  • Terus berkomunikasi dengan orang tersebut sampai Anda tahu kapan mereka telah sadar.
  • Setelah korban sadar, ia mungkin akan merasa bingung dan linglung. Tetap temani dan tenangkan penderita, jangan tinggalkan penderita sendirian sampai ia merasa telah kembali sehat.

Hal-hal yang tidak boleh Anda lakukan pada penderita epilepsi :

  • Jangan menahan kejang atau mengekang penderita epilepsi. Karena dapat berakibat cedera.
  • Jangan masukkan benda apapun ke dalam mulut penderita.
  • Jangan memberi makan, minum, atau obat sampai korban benar-benar pulih dan telah sadar sepenuhnya.

Segera cari bantuan medis atau bawa penderita epilepsi ke rumah sakit terdekat, bila kejang berlangsung selama 2-3 menit, penderita tidak bisa dibangunkan setelah kejang, atau kejang pertama yang diikuti dengan kejang lanjutan tanpa jeda.

Itulah langkah-langkah pertolongan pertama untuk orang yang terserang epilepsi yang bisa Anda lakukan ketika berada di dekat orang yang mengalami kejang.

Dalam memberikan pertolongan ini, tentunya Anda tidak boleh panik, tetap tenang, dan cobalah melakukan langkah-langkah tersebut untuk menyelamatkan penderita.

Bahaya Epilepsi Yang Tidak Segera Ditangani

Terjadinya kejang pada penderita epilepsi terkadang dapat membahayakan penderitanya dan orang lain. Bahaya ini dapat berupa terjatuh ketika kejang hingga risiko mengalami cedera atau patah tulang.

Selain itu, penderita epilepsi juga dapat mengalami bahaya lain seperti :

  • Status epileptikus, kejang panjang dan berulang.
  • Kerusakan otak yang bersifat sementara atau permanen.
  • Kehilangang memori jangka pendek atau jangka panjang.
  • Gangguan mental, seperti depresi, kegelisahan dan keinginan untuk bunuh diri.
  • Ibu hamil yang mengalami epilepsi, memungkinkan janin mengalami cacat ketika lahir atau masalah perkembangan.
  • Kematian mendadak, kejang yang berlangsung singkat bisa menyebabkan semua sistem syaraf dalam otak menjadi tidak bekerja, akibatnya aliran oksigen ke dalam tubuh pun tidak akan mengalir dan berbagai fungsi organ (seperti jantung, ginjal, dll) tidak akan berfungsi.

Bahaya epilepsi tersebut memang dapat terjadi dan selalu menjadi risiko untuk semua penderita epilepsi yang tidak segera mendapatkan penanganan dengan tepat.

Cara terbaik untuk mengelola agar bahaya tersebut tidak terjadi pada penderita epilepsi adalah lakukan pertolongan pertama pada orang yang terkena epilepsi dan segera cari bantuan medis.

Sebaiknya Anda juga, Baca Ini :

Obat Tradisional Epilepsi Yang Mudah Dibuat
Faktor Pemicu Epilepsi Yang Sering Terjadi

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *